DIY Skin Care of The Weekend

Belakangan ini saya sering baca blog-blog yang bahas soal perawatan kulit. sekarang bahkan tiap mau beli produk perawatan atau make up gitu, selalu baca reviewnya dulu. ternyata ribet juga ya dunia perawatan kulit ini, dan sungguh saya sangat ketinggalan dibandingkan kebanyakan orang-orang yang bahkan jauh lebih muda dari saya sudah 'centil' duluan. 

hingga pada suatu hari, saya menemukan sebuah blog yang membahas skin care dengan cara yang sedikit berbeda dari para beauty bloggers lainnya (even she refused to be called as 'beauty blogger'), tapi hanjr si cewek yang bernama Lintang ini keren banget! dia bikin macem-macem DIY skincare, bahkan dia bedakan pakai tepung maizena! yang bikin tambah amaze sama cewek ini adalah, dia ga asal bikin aja, tapi lengkap menjelaskan tentang kandungan di bahan-bahan yang dia pakai, bahkan sampai ke struktur kimianya. salah satu DIY nya yang fenomeal adalah.. jeng jeng, SK-II! walaupun banyak yang nyela, tapi dia cukup logis kok menjelaskan soal Pitera KW nya ini. Pas nunjukin blog nya ke suami, suami saya bilang "ya emang gitu harusnya mahasiswa kedokteran, banyak baca, banyak share ilmu, bukan cuma share foto-foto doang", and you know what, she's not even a med student. dia mahasiswa peternakan. makin kagum lah saya sama si Lintang ini.

dan begitulah, awal mula keisengan dua minggu ini, akhirnya ikutan nyoba bikin DIY skincare. so, here they are: 

Fermented Oatmeal Face Mask and Scrub



bahan: oatmeal + air + ragi 

cara membuat: 
  • oatmeal dicampur air sedikit
  • tambahkan ragi seujung sendok (saya pakai ragi instant)
  • aduk
  • tutup rapat dengan palstik bening, paling gampang pakai wrapping plastic itu kali ya.
  • diamkan selama 2 jam
hasil: membersihkan wajah dan mengurangi blackhead. serius.

bikin lagi? yes! lumayan ini untuk scrubbing pas weekend. saya sekali bikin cukup untuk sekali pakai, jadi ga banyak-banyak. 


Seaweed Mattifying Moisturizer Gel


bahan: rumput laut + garam 

cara membuat: 
  • rumput laut direbus, airnya sampai ngerendam seluruh rumput lautnya, 
  • setelah lunak rumput laut dan airnya (airnya ga usah semua) diblender, tambahkan garam seujung kuku sebagai antistatic, supaya teksturnya lebih smooth
  • masukkan adonan (?) ke wadah. boleh dari kaca atau plastik.
  • simpan di kulkas hingga berbentuk gel. (karena ga pakai pengawet, daya tahannya 5-6 hari saja)
hasil: muka ga gampang berminyak, terasa matte, dan lebih halus. 

bikin lagi? ga dalam waktu dekat kayaknya. di muka saya efek moisturizingnya kurang kerasa, kayaknya ini cocok buat jenis kulit berminyak ya. buat saya yang punya kulit kombinasi lebih enak dijadiin masker, jadi saya pakai pas di rumah aja. tips kalau pakai ini baiknya muka dalam keadaan lembap (setelah dicuci dan dikeringkan tapi belum kering banget), kalau ga jadi ada semacam lapisan putih-putih gitu. trus kapan-kapan kalau bikin lagi, mau tambahin sesuatu ah biar ada aromanya. ini ga ada aroma apa-apa, cuma kecium sedikiiiit aroma rumput laut yang saya kurang suka.

minggu depan kalau ga malas, mau bikin moisturizer dari lidah buaya ah, pengen bandingin sama 92%  Aloe Vera Soothing Gel nya Nature Republic. *intip-intip tanaman lidah buaya tetangga depan*

eh iya, walau udah coba-coba bikin DIY skincare, saya tetap pakai produk dokter atau produk kosmetik lain kok, cuma sekarang jadi lebih aware aja sama ingredients yang ada di dalamnya.


happy weekend, people!

0 comments:

Post a Comment